Gw dan Pretty Guardian Sailor Moon Crystal

La la pretty guardian Sailor Moon…

Pertama kali denger lagu pembuka anime terbaru dari TOEI ini gw langsung, SAILOR MOON! Siapa yang gak kenal sailor moon. Karya Naoko Takeuchi yang menurut gw menjadi sebuah defining genre untuk karya-karya magical girl berikutnya. Gw termasuk salah satu fans sailor moon dan koleksi hampir semua publikasi sailor moon yang pernah terbit di Indonesia: manga original, manga anime version, artbook, character book, manga movie version, sailor V manga, dan publikasi sailor moon lainnya. Begitu sukanya gw sama sailor moon (walaupun Saint Seiya masih tetap yang paling oke) sampe-sampe setiap denger nama planet, gw selalu kebayang muka para sailor dan kekuatan mereka.

Ketika tahun lalu gw denger kalau bakalan ada anime remake dari sailor moon untuk memperingati 20 tahun serial sailor moon, gw langsung ga sabar menanti bakalan seperti apa tampilan dari si sailor moon remake ini. Salah satu yang gw nantikan adalah koreografi perubahan para sailor. Bagaimana koreografi baru? Apakah akan bisa lebih baik dari koreografi original yang, menurut gw, mengagumkan.

Setelah lama menanti (dan melihat beberapa karya hoax mengenai cerita dan karakter dalam sailor moon remake ini), akhirnya muncullah trailer teaser resmi dengan serial yang diberi nama Pretty Guardian Sailor Moon Crystal (PGSM Crystal). Kesan pertama ketika melihat thumbnail video ini adalah, sailor moon nya kok kurus banget?! Kok aneh? Jangan-jangan ini hoax?

PGSM Crystal

Trailer yang mayoritasnya menampilkan perubahan Usagi menjadi sailor moon ini benar-benar membuat gw…what the? Berbeda dengan anime original dimana Usagi terus diejek gendut dan bulat rambut onde-onde tukang makan, di anime remake ini Usagi terlihat begitu…kurang gizi LOL. Namun setelah melihat beberapa scene dalam trailer, baru gw sadar kalau ini adalah direct adaptation dari manga sailor moon.

Anime original sailor moon, meskipun memiliki benang merah dengan manga nya, memiliki cerita yang sedikit demi sedikit berkembang keluar dari jalur original dalam manga. PGSM Crystal memiliki visi untuk tetap setia pada alur cerita manga dan pada gaya penggambaran dan penokohan dalam manga. Hal ini lah yang membuat Usagi (dan sailor lainnya) digambarkan begitu kurus dengan mata cantik dan berbinar-binar, kalem, dan tidak sekonyol karakternya dalam anime original. Karena penasaran, gw pun akhirnya menantikan episode pertamanya untuk melihat seperti apa finished product dari anime PGSM Crystal ini.

Episode pertama pun keluar minggu lalu. Gw langsung duduk manis (well, tiduran to be exact) memandang layar netbook kecil gw. 24 menit gw lewati dan ada beberapa kesan yang muncul buat gw setelah selesai menonton PGSM Crystal ini. Let’s breakdown my impression to this 1st episode of PGSM Crystal.

  1. Opening song: Moon Pride

Granted, ini bukan lagu Moonlight Densetsu yang melegenda dengan versi Indonesia, “Maaf ku tak pernah berterus terang. Bukan ku tak mempercayaimu.” Ketika pertama mendengar lagu ini mengalun, “Moon Pride, anata no…” gw langsung, “Kenapa bukan Moonlight Densetsuuu???” Gw yakin banyak fans sailor moon nonton anime ini untuk alasan nostalgia, dan Moonlight Densetsu adalah hal yang paling memorable dari anime sailor moon. Namun bukan berarti Moon Pride ini gak bagus, sebaliknya, lagu opening sailor moon ini begitu catchy dan energetic. Gw terutama suka ketika lagu ini ditutup dengan frasa, “la la pretty guardian sailor moon” dengan progresi nada yang fresh dan mudah nempel di otak. Ujungnya, gw sering muter anime ini hanya untuk denger opening song nya aja LOL.

  1. Penggambaran karakter terkesan tidak proporsional

Hal ini begitu terasa ketika koreografi perubahan Usagi menjadi sailor moon. Tangan yang seperti karet dan terlalu panjang, badan yang terlalu, TERLALU, kurus dan gepeng, kepala yang agak kebesaran ketika dilihat dari angle tertentu, dan masih banyak lagi.

henshin1henshin2

 

 

 

 

Tapi ini gak sehoror ketika gw lagi mau tau judul lagu opening dan gw pause saat muncul opening credit lagu dan muncul distorsi wajah sailor mars yang gw udah ga ngerti lagi itu kenapa LOL.

mars

  1. Usagi

Digambarkan sedikit lebih kalem dan tidak konyol, I actually like this one a little wee bit than the original anime one. Terasa lebih cantik, lebih “putri”, lebih manga, Usagi digambarkan dengan rambut yang lebih berkibar dan indah. Penggambaran Usagi sebagai Serenity juga anggun dan cantik. Tapi ada sesuatu yang terasa off dari Usagi yang baru ini. Karena tidak digambarkan secengeng anime original, penempatan airmata dan adegan nangis nya terkesan dipaksakan. Ada beberapa scene yang membuat gw merasa bahwa Usagi ini fake pretentious b*tch. *I miss the crybaby Usagi from original anime already*

  1. Luna

Luna luna luna, seekor kucing hitam kecil yang konyol, imut dan lucu di anime original,

luna imut

kini berubah menjadi kucing hitam yang tampak tidak memiliki kepribadian dan proporsi tubuh yang aneh. Lehernya ituh…

luna

Salah satu scene yang bikin gw zonk adalah ketika Usagi mendapat bros untuk berubah dari Luna. Di anime original, Luna mengeluarkan bros dengan cara berputar dan memberikannya kepada Usagi, Hal yang sama dilakukan untuk semua sailor.

luna spinbros diambilluna gigit pen

 

 

 

 

 

Namun di PGSM Crystal, bros perubahan tersebut mendadak saja muncul dan Usagi mengambil bros tersebut entah dari mana.

Moon Brooch

Mungkin visi nya adalah stay true to the manga dan benar-benar menganimasikan apa yang ada di panel-panel manga, tapi bukankah akan lebih baik jika secara logika dapat dijelaskan bagaimana bros tersebut bisa diambil oleh Usagi dan bagaimana Luna memberikannya. Tis’ an animation after all, not just a stop motion taken from pieces of illustration…

  1. Sailor V

Pada anime original, sailor V terkesan sebagai karakter yang jauh dan tidak begitu berperan dalam dunia sailor moon. Kemunculan karakter sailor V kebanyakan terpusat pada game yang sering dimainkan karakter dalam anime di game center tempat Usagi dkk berkumpul. Dalam PGSM Crystal, sailor V diberikan slot kemunculan yang begitu terasa bahkan dari opening scene ketika mama Usagi mengeluh mengenai tingkah laku Usagi dan berharap ia menjadi seperti Sailor V (sambil memperlihatkan artikel koran yang menampilkan sailor V). Sailor V muncul kembali ketika Umino menjelaskan bahwa ia mengagumi Sailor V. Hal ini menarik karena menjadikan PGSM Crystal benar-benar mengakar pada versi manga.

sailor v

  1. Mamoru Chiba

The only male protagonist ever, Mamoru digambarkan benar-benar berbeda dengan anime original. Ketika pertama bertemu Usagi di depan game center, Mamoru memakai tuksedo dengan detail yang persis seperti versi manganya. Berbeda dengan anime original dimana Usagi bertemu mamoru yang memakai jas hijau dan terkesan casual.

mamo usa 1sailor-moon-manga-10sailor_moon_usagi_mamoru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang disayangkan dari PGSM Crystal adalah penggambaran Topeng Tuksedo sebagai tokoh metroseksual dan TP alih-alih gelap, misterius, dan macho seperti yang digambarkan di anime original.

mamo terbang

  1. Moon Tiara Action Boomerang!

Jurus sailor moon mengalami perubahan di serial ini menjadi Moon Tiara Boomerang. Menurut gw, kualitas animasi dari jurus ini jauh lebih bagus daripada kualitas animasi Moon Tiara Action di anime original. Andai saja kualitas render ini juga dipakai di koreo perubahan yang, menurut gw, membuat Usagi terlihat seperti boneka barbie tanpa nyawa.

tiara

 

Final verdict:

Berdasarkan pengamatan akan episode pertama PGSM Crystal, tanpa mengaitkan dengan unsur nostalgia, gw akan memberikan nilai 3/5. If not for the nostalgia, gw mungkin gak akan mau nonton anime ini LOL. But for you who want to relish the sailor moon hype, banyak hal yang masih bisa dinantikan untuk mendapatkan momen AWWW dalam PGSM Crystal. Episode 2 akan bercerita seputar Ami dan perubahannya menjadi Sailor Merkuri. I definitely have to watch this one. Masih ada pertanyaan seputar bagaimana PGSM Crystal akan menampilkan hubungan Zoisite dan Kunsite. Bagaimana Queen Beryl digambarkan. Dan apakah PGSM Crystal berakhir pada Queen Beryl atau akan mencapai ke Galactica Arc. All in all, PGSM Crystal harus bisa menampilkan lebih daripada apa yang ditampilkan di episode 1 karena beratnya tekanan nostalgia dan hype penantian para fans yang sudah terbujuk akan iming-iming “celebrating 20th anniversary of Sailor Moon.”

Leave a Reply

