Haiku my tweet

Tweeting your feeling,
in 150 words —
Y no haiku?
— Qeisama —

To begin with, sesungguhnya gw memang menyukai puisi dan segala sesuatu seni berbahasa yang indah dan memikat. Tapi entah kenapa, buat gw, haiku memiliki sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang misterius, memancing imajinasi, dan mudah dinikmati. Ketika pada akhirnya gw menemukan hashtag #Haiku di twitter, I immediately knew that twitter is the perfect place to satisfy my love of haiku.

But first, let’s go over the basic question we had in mind, what is haiku actually?

Haiku adalah sebuah bentuk puisi singkat yang berasal dari Jepang. Umumnya menggambarkan suasana alam, haiku terdiri dari 3 baris frasa dengan aturan silabel 5-7-5. Biasanya haiku tidak berima dan menggambarkan kondisi atau perasaan seseorang dan kaitannya dengan alam sekitarnya. Dalam kaitannya dengan English Haiku, penggunaan silabel tidak selalu terpaku kepada aturan 5-7-5 dan dapat juga menggambarkan kesadaran akan fenomena sosial yang berada di sekitar. For my own haiku, I tend to stick to the 5-7-5 syllable format.

Dark clouds and grey sky
Cold droplets upon my head —
Shoot, no umbrella!
— Qeisama —

Okay, so I know what haiku is, but, why haiku?

Sesuai dengan judul yang gw buat, haiku my tweet, gw menyadari bahwa twitter, dengan batasan 150 kata dalam setiap tweetnya, merupakan media yang tepat untuk mengekspresikan sesuatu menggunakan haiku. Mind you, it’s not tweet my haiku, it’s haiku my tweet. Alih-alih membuat haiku lalu mempublish nya di twitter menggunakan hashtag #Haiku, gw memperlakukan tweet gw sebagai sebuah haiku. Ketika gw ingin berkicau tentang sesuatu, gw menuangkan apa yang gw rasakan menjadi sebuah haiku. This way, it became a more personal, condition related, exact nature and season depicted, emotional conveyed haiku. Simply put, my tweet itself became a very product of art known as haiku.

The wind has died out
Stale, hot, busy Friday night —
I eat wasabi
— Qeisama —

Interesting? For me it is!

Gw menemukan cara baru untuk curcol, cara baru untuk mengungkapkan sesuatu lewat tweet gw yang, tidak hanya dapat menyampaikan apa yang gw rasakan, tetapi juga puitis dan berada dalam batasan 150 karakter twitter. Twitter was a perfect match for haiku!

Cold, starry night sky
One dog barks, almost midnight —
I have no wi-fi
— Qeisama —

English Haiku is not as strict as its Japanese origin. One thing that you must keep in mind is how to show the image of what you actually feel rather than telling it all descriptively. Now I’m hoping that everyone can feel the charm of haiku and try using it in our everyday life, quoting the title of the early prints of English Haiku, More Power to You – Poems Everyone can Make. Happy haiku!

p.s.
This one is my fave haiku lol

Mineral water
No burger, salad only —
I am on diet
— Qeisama —

 

Leave a Reply

